Nissan Grand Livina 2011

Tips Nissan Grand Livina: Membersihkan Air Filter Atau Saringan Udara

by Salva on October 21, 2011

Apa sih Air Filter itu? Mari, kita mengulas sedikit tentang komponen mobil yang satu ini. Dalam dunia otomotif Air filter sering juga disebut Saringan udara yang berfungsi sebagai penyaring debu yang bercampur dengan udara yang masuk ke mesin. Meskipun komponen yang satu ini jarang diperhatikan atau menurut aturan baku atau service routine yang mengatakan membersihkan saringan udara setiap 10.000km, kami menganjurkan sebaiknya tidak berpatokan pada service routine, mengingat kondisi alam Indonesia yang banyak bertebaran debu dimana-mana. Jadi sebagaikan dibersihkan secara teratur tanpa harus berpatokan pada angka km yang ada pada service routinnya. Karena hal ini sangat mempengaruhi kinerja mesin dan bahkan kesehatan pengemudi dan penumpang yang ada didalamnya, karena Air filter sendiri memiliki 2 jenis yang juga berguna untuk menyaring udara yang masuk ke sistem pembakaran dan satu lagi yang berfungsi dalam rangkaian sistem pendingin kabin (AC).  Jika diibaratkan air filter itu seperti bulu hidung yang ada pada manusia, yang juga menyaring partikel-partikel bebas yang akan masuk ke dalam tubuh kita.

Beberapa mekanik yang kami temui mengatakan, Air filter sebaiknya dibersihkan setiap 2500km, dan hal itu mencegah penurunan performa mesin yang diakibatkan oleh debu. Jika kotor tentu saja tarikan mesin mobil anda menjadi lebih berat dan mengakibatkan pemborosan bahan bakar.

Bagaimana membersihkan Air Filter pada Nissan Grand Livina?

Tidak hanya Nissan Grand Livina, namun semua jenis mobil juga dianjurkan untuk secara rutin membersihkan saringan udara dan kita sebagai pemilik juga bisa atau boleh membersihkannya sendiri karena hal itu cukup mudah dilakukan, juga untuk membersihkan, tidak perlu peralatan khusus, karen dengan kunci pas serta kompresor angin, pembersihan air filter sudah bisa kita lakukan.

Saat ini dipasaran beredar dua jenis Air Filter, antara lain : Air filter OEM (orisinil) dan Air filter after market (merk KNN, JFC dll).

Untuk memulainya, terlebih dahulu kita harus membuka kap mesin, dan posisi box air filter itu sendiri berada pada sisi kanan, lebih tepat di belakang ACCU. Tentu saja untuk membersihkan, kita harus mengeluarkan, caranya dengan menekan tombol pengunci yang ada pada kedua sisi lalu tarik keatas penutup box air filter.

posisi air filter box

Membersihkan Air Filter OEM (Oroginal) :

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membersihkan Air Filter OEM antara lain :

1. Kita harus membersihkannya dengan kompresor angin, namun disetel sehingga tekanan angin yg dihasilkan lebih rendah atau dengan kata lain menggunakan angin bertekanan rendah untuk membersihkan debu serta serangga yang ada pada Air filter dari arah dalam yang menghadap kelubang Throttle Valve.

2. Kita juga wajib membersihkan box filter bagian dalam dan luar. Bersihkan dengan angin sambil menutup lubang yang mengarah ke Throttle valve. Lalu kita bisa pasang kembali dengan urutan terbalik dari cara membukanya.

Perlu diingat, membersihkan perlu kehati-hatian karena Air filter OEM berupa filter basah (Oily), hati-hati menyemprotkan air. Beberapa bengkel merekomendasi untuk mengganti Air filter 40.000 Km.

air filter bagian dalam

air filter bagian luar

Berikut Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membersihkan Air Filter After Market (KNN, JFC dll) :

1. Membersihkan debu atau serangga pada Air filter menggunakan sikat atau kuas yang lembut.
2. Gunakan cairan cleaner dengan cara disemprotkan ke Air filter secara merata dan biarkan selama 10 menit.
3. Bersihkan lagi dengan bertekanan rendah hingga cairan cleanernya benar-benar bersih.
4. Lakukan pengeringan dengan cara ditaruh di dekat kipas angin hingga air benar-benar tidak menempel lagi pada Air filter.
5. Aplikasikan oli secara merata dan secukupnya, biarkan selama kurang lebih minimal 30 menit agar oli dapat meresap
6. Bersihkan juga box filter bagian dalam

Saran : Sediakan juga Air Filter OEM sebagai cadangan karena proses pengeringan Aif filter after market cukup lama, jadi kita bisa gunakan sementara Air filter OEM.

air filter market bagian dalam

air filter market bagian luar

Membersihkan Air filter pada Nissan Grand Livina cukup mudah, namun kalau masih bingung bawalah ke bengkel, karena disana mereka akan membersihkan air filter serta mengecek komponen lainnya.

Baca juga :

Previous post:

Next post: